Selamat Datang Di MTS Sa'adatuddarain // telah dibuka pendaftaran peserta didik baru maupun pindahan ayo...segera daftar tempat terbatas!! Ayo Madrasah Lebih Baik

 

Mengenal Potensi Diri

 

Kamu pasti tahu bahwa Komputer dengan jaringan internetny amerupakan hasil pencapaian teknologi tercanggih saat ini,

Tapi,Tahu kah kamu bahwa...
Kamu adalah pemilik
komputer terhebat
didunia ini???

Meskipun ukurannya lebih kecil daripada sebuah kol, dan beratnya kurang dari 1,5 kg, namun ia jutaan kali lebih hebat dari pada komputer tercanggih didunia.

Komputer Terhebat didunia itu ada didalam tulang tengkorak kepalamu.

Ya , itulah OTAK mu yang Ajaib!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEAJAIBAN OTAK KITA

 >>>OTAK kita memiliki lebih dari 100 miliar selaktif (neuron).
 >>>Setiapneuronadalahmerupakan“komputercanggih” yangberdirisendiri.
 >>>Masing-masing neuron dapat membentuk 20.000 cabang yang disebut dendrit yang dapat menyimpan informasi dan menerima  masukan.
 >>>Setiap neuron mengirimkan pesannya sendiri keseluruh otak dan seluruh tubuh melalui jalur yang disebut akson.

SEBAGAI PERBANDINGAN...

❑Lebah memiliki 7.000 sel Otak
❑Tikus memiliki 5Juta sel otak
❑Kera memiliki 10Juta sel otak

Dengan hanya memiliki sel otak yang jauh dibawah manusia, hewan hewan-hewan ini telah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa.

(Brainware Management System)

Kemampuan Lebah

1. Membangun

2. Merawat

3. Mengumpulkan

4. Berkomunikasi

5. Menghitung

6. Menari

7. Membedakan

8. Makan

9. Berkelahi

10.Terbang

11. Mendengar

12. Belajar

13. Hidup

14. Membuat keputusan

15. Navigasi

16. Produksi madu

17. Atur suhu

18. Mengingat

19. Reproduksi

20. Melihat

21.  Cium bau

22. Berkerumun

23. Mengecap

24. Berpikir

25. Menyentuh

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

لَقَدْ خَلَقْنَا اْلإِنسَانَ فيِ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

 ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ

 إِلاَّالَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. (QS. 95: 4 -6)

 

10 Fakta tentang Otak

1.  Otak mampu mengenali suatu pola dan komputer tidak

2.  Otak dapat mengenali keambiguan atau makna ganda

3.  Memori otak manusia hampir tak terbatas

4.  Semakin sering otak digunakan akan semakin banyak cabang (sinapsis) yang terbentuk

5.  Otak manusia seperti otot  apabila tidak dipakai akan  menurun kemampuannya.

6.  Rata-rata manusia hanya menggunakan 0.0001 % kapasitas otaknya

7.  Otak dapat terus belajar  tanpa batas waktu

8.  Otak berfungsi sebagai alat perekam yang cermat , pengalaman dari kecil hingga sekarang direkam secara permanen

9.  Perasaan-perasaan yang menyertai pengalaman tersebut (senang, sedih, takut, kecewa dll) direkam secara bersamaan

10.  Bila ada rangsangan yang membangkitkannya, rekaman tersebut berputar kembali secara utuh dan persis

 

Sekarang Terserah  Kamu…

Mau digunakan …?

Atau

dibiarkan sia-sia…?

 

 

COBA Membaca huruf berantakan dibawah ini untuk mengukur sebesar apa potensi otakmu..

 

KECERDASAN OTAK

Kecedrasan otak bergantung sebearpa sering otak  teserbut digunakan

Semakin  sering  digunakan ,  jumlah serabut dendrit pada otak akan seamkin  berkembang dan bertambah sehingga kerja otak makin TOKCER.

Sebaliknya,  otak yang tiadk terlalu sibuk, memiliki  jumlah dendrit  sedikit dan kurus kerontang,  sehingga kerja otak menjadi LEMOT

INI SAGNAT MENRAIK TNETNAG

OATK KTIA

Menuurt hasli penilitean : Tdaik mejnadi maslaah bgaimanaa urtaun huurf-hruuf di dlaam sebauh ktaa, ynag palnig pnteing adlaah leatk huurf partema dan terkhair itu bnaer. Siasnya dpaat brantaaken smaa skelai dan ktia maish dpaat mebmacanya tnpaa msaalah. Hal ini kerana oatk masunia tdaik mambeca seitap huurf msaing-msaing, tatepi ktaa kesuleruhan. Manejkubakn naggk?

Trjemhaan oelh:Alhi Bcaa Sambli Mreem

 

7UL154N  INI  III3IIIBUK7IK4N  8AI-IW4  074K  KI74   1113111PUNY41  K31114111PU4N    Y6  LU4412  81454  1113N4KJU8K4N! 

P4D4   4W4LNY4   7312454  5UK412  74P1   5373L41-1  54111P41   D18A1215   1N1  P1K1124N   K174  8154 1113111B4C4NY4    74NP4   8312P1K112    8A1-1W4 K174   53D4N6  111311184C4   4N6K4 

J1K4  4ND4 8154   111311184C4    73K5   1N1 D3N64N 841K,  83125UKU12L4H  K3P4D4 4LL41-1 Y6  73L4H 1113N64NU61241-1K4N   074K  YG  LU412  81451  1113N4KJU8K4N   K3P4D4  K174

5U81-14N4LL41-1!

 

BELAHAN OTAK

Menurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.

Berdasarkan sifatnya, otak kiri bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)

 

Peranan Otak

Otak kita memegang kendali bagaimana kita menjalani kehidupan

Segala yang kita lakukan pasti terkait dengannya 

Otak kita menentukan bagaimana kita berpikir, bagaimana kita merasa, bagaimana kita bertindak, bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain.

Bahkan otak kita menentukan seperti apa kepribadian kita. Kita orang yang baik dan sopan, atau kita orang yang kasar .

Otak kita memengaruhi emosi kita

 

KETERAMPILAN BELAJAR

Kunci  Kesuksesan Belajar

 

 

Menurut Iman Ghazali ada beberapa tahapan dalam mengapai sukses belajar

1.   الانصات     =    Fokus

2.  الاستماع     =   Mendengar aktif

3.    الحفظ       = Menjaga kepahaman

4.   العمل         =Mempraktikkan

5.    النشر       = Menyebarkan dan mengembangkan

               

1. Fokus (Konsentrasi)

a.  Jaga Kebugaran Tubuh

>>Tidur dan istirahat yang cukup

>>Makan makanan yang sehat dan halal

>>Berolahraga secara teratur

b.  Tumbuhkan minat

>>Pahami manfaat

>>Pahami kompetensi yang harus dicapai

c.   Hindari gangguan

>>Dari diri sendiri

>>Dari lingkungan ( fisik maupun sosial)

2. Mendengar Aktif

a.Pahami dan tangkap inti kalimat

b.Jangan menilai kekurangan pembicara

c.Tanyakan :  Apa, Siapa, Mengapa, Kapan,  Bagaimana, dan Di mana

3. Menjaga Kepahaman

a.  Buat catatan/ringkasan

b.  Pelajari ulang segera

c.  Kerjakan tugas latihan

4. Mempraktikkan

a.  Lakukan latihan mandiri

b.  Gunakan/Terapkan dalam keseharian

5. Menyebarkan dan Mengembangkan

a.   Ajarkan orang lain/teman

b.  Diskusikan dengan orang lain

c.  Cari sumber lain (pengayaan)

 

Keterampilan Belajar

1.Keterampilan Membaca

2.Keterampilan Menangkap Makna Kalimat

3.Keterampilan Menentukan kalimat Inti dalam paragraf

4.Keterampilan Mendengar

5.Keterampilan Mencatat

6.Keterampilan Bertanya

7.Keterampilan Mencari Sumber

 

Apakah Tindakan Paling Bodoh di Sekolah ?

Tindakan paling Bodoh di Sekolah adalah

 Melewatkan kesempatan Bertanya...

 

oleh : Marzuki, S.Si

dari berbagai sumber