Kamu pasti tahu bahwa Komputer dengan jaringan internetny amerupakan hasil pencapaian teknologi tercanggih saat ini,
Meskipun ukurannya lebih kecil daripada sebuah kol, dan beratnya kurang dari 1,5 kg, namun ia jutaan kali lebih hebat dari pada komputer tercanggih didunia.
Komputer Terhebat didunia itu ada didalam tulang tengkorak kepalamu.
>>>OTAK kita memiliki lebih dari 100 miliar selaktif (neuron).
>>>Setiapneuronadalahmerupakan“komputercanggih” yangberdirisendiri.
>>>Masing-masing neuron dapat membentuk 20.000 cabang yang disebut dendrit yang dapat menyimpan informasi dan menerima masukan.
>>>Setiap neuron mengirimkan pesannya sendiri keseluruh otak dan seluruh tubuh melalui jalur yang disebut akson.
SEBAGAI PERBANDINGAN...
❑Lebah memiliki 7.000 sel Otak
❑Tikus memiliki 5Juta sel otak
❑Kera memiliki 10Juta sel otak
Dengan hanya memiliki sel otak yang jauh dibawah manusia, hewan hewan-hewan ini telah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa.
(Brainware Management System)
Kemampuan Lebah
1. Membangun
2. Merawat
3. Mengumpulkan
4. Berkomunikasi
5. Menghitung
6. Menari
7. Membedakan
8. Makan
9. Berkelahi
10.Terbang
11. Mendengar
12. Belajar
13. Hidup
14. Membuat keputusan
15. Navigasi
16. Produksi madu
17. Atur suhu
18. Mengingat
19. Reproduksi
20. Melihat
21. Cium bau
22. Berkerumun
23. Mengecap
24. Berpikir
25. Menyentuh
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. (QS. 95: 4 -6)
1. Otak mampu mengenali suatu pola dan komputer tidak
2. Otak dapat mengenali keambiguan atau makna ganda
3. Memori otak manusia hampir tak terbatas
4. Semakin sering otak digunakan akan semakin banyak cabang (sinapsis) yang terbentuk
5. Otak manusia seperti otot apabila tidak dipakai akan menurun kemampuannya.
6. Rata-rata manusia hanya menggunakan 0.0001 % kapasitas otaknya
7. Otak dapat terus belajar tanpa batas waktu
8. Otak berfungsi sebagai alat perekam yang cermat , pengalaman dari kecil hingga sekarang direkam secara permanen
9. Perasaan-perasaan yang menyertai pengalaman tersebut (senang, sedih, takut, kecewa dll) direkam secara bersamaan
10. Bila ada rangsangan yang membangkitkannya, rekaman tersebut berputar kembali secara utuh dan persis
Kecedrasan otak bergantung sebearpa sering otak teserbut digunakan
Semakin sering digunakan , jumlah serabut dendrit pada otak akan seamkin berkembang dan bertambah sehingga kerja otak makin TOKCER.
Sebaliknya, otak yang tiadk terlalu sibuk, memiliki jumlah dendrit sedikit dan kurus kerontang, sehingga kerja otak menjadi LEMOT
Menuurt hasli penilitean : Tdaik mejnadi maslaah bgaimanaa urtaun huurf-hruuf di dlaam sebauh ktaa, ynag palnig pnteing adlaah leatk huurf partema dan terkhair itu bnaer. Siasnya dpaat brantaaken smaa skelai dan ktia maish dpaat mebmacanya tnpaa msaalah. Hal ini kerana oatk masunia tdaik mambeca seitap huurf msaing-msaing, tatepi ktaa kesuleruhan. Manejkubakn naggk?
Trjemhaan oelh:Alhi Bcaa Sambli Mreem
Menurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.
Berdasarkan sifatnya, otak kiri bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)
Otak kita memegang kendali bagaimana kita menjalani kehidupan
Segala yang kita lakukan pasti terkait dengannya
Otak kita menentukan bagaimana kita berpikir, bagaimana kita merasa, bagaimana kita bertindak, bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain.
Bahkan otak kita menentukan seperti apa kepribadian kita. Kita orang yang baik dan sopan, atau kita orang yang kasar .
Otak kita memengaruhi emosi kita
Menurut Iman Ghazali ada beberapa tahapan dalam mengapai sukses belajar
1. الانصات = Fokus
2. الاستماع = Mendengar aktif
3. الحفظ = Menjaga kepahaman
4. العمل =Mempraktikkan
5. النشر = Menyebarkan dan mengembangkan
a. Jaga Kebugaran Tubuh
>>Tidur dan istirahat yang cukup
>>Makan makanan yang sehat dan halal
>>Berolahraga secara teratur
b. Tumbuhkan minat
>>Pahami manfaat
>>Pahami kompetensi yang harus dicapai
c. Hindari gangguan
>>Dari diri sendiri
>>Dari lingkungan ( fisik maupun sosial)
a.Pahami dan tangkap inti kalimat
b.Jangan menilai kekurangan pembicara
c.Tanyakan : Apa, Siapa, Mengapa, Kapan, Bagaimana, dan Di mana
a. Buat catatan/ringkasan
b. Pelajari ulang segera
c. Kerjakan tugas latihan
a. Lakukan latihan mandiri
b. Gunakan/Terapkan dalam keseharian
a. Ajarkan orang lain/teman
b. Diskusikan dengan orang lain
c. Cari sumber lain (pengayaan)
1.Keterampilan Membaca
2.Keterampilan Menangkap Makna Kalimat
3.Keterampilan Menentukan kalimat Inti dalam paragraf
4.Keterampilan Mendengar
5.Keterampilan Mencatat
6.Keterampilan Bertanya
7.Keterampilan Mencari Sumber
oleh : Marzuki, S.Si
dari berbagai sumber
© ver. 1.1 mtssaadatuddarain.sch.id
TIM MTS SA'ADATUDDAAIN